Kamis, 28 April 2011

Pemerintah Nilai Harga Pangan Sudah Berangsur Turun

Pemerintah menilai saat ini harga pangan sudah berangsur turun menyusul berbagai kebijakan yang telah dilakukan.
"Sekarang kita bersyukur harga pangan sudah mulai turun, terus menurun. Walaupun biasanya bulan Januari-Februari musim paceklik," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, di Kantor Pusat BPK Jakarta awal pekan lalu.
Ia mengatakan masalah pangan kaitannya dengan inflasi dan itu sudah diantisipasi pemerintah maupun Bank Indonesia (BI) dengan terus melakukan koordinasi. Pemerintah dan BI berupaya tetap menjaga stabilitas harga pangan, sehingga tak terlalu banyak berdampak pada inflasi.
"Kalau kita lihat harga pangan sudah mulai turun, maka akan ada saatnya nanti akan terjadi deflasi," katanya.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Januari 2011 mencapai 0,89 persen.
Kepala BPS, Rusman Heriawan, mengatakan laju inflasi ini termasuk tinggi dan hampir mirip inflasi pada Januari 2010 sebesar 0,82 persen.
"Pada umumnya inflasi pada awal tahun relatif tinggi dan setiap tahun seperti ini karena mulai memasuki bulan krusial produksi pangan terutama beras," ujarnya.
Rusman menjelaskan faktor penyumbang inflasi Januari terbesar adalah dari kelompok bahan makanan sebesar 2,21 persen, kelompok makanan jadi, minuman rokok dan tembakau sebesar 0,49 persen, kelompok perumahan, air dan listrik sebesar 0,48 persen, dan kelompok sandang 0,15 persen.
Secara keseluruhan, ia menambahkan, inflasi yoy pada Januari 2011 mencapai 7,02 persen dan inflasi inti yoy mencapai 4,18 persen.
"Inflasi yoy lebih tinggi dari Desember yang mencapai 6,96 persen sedangkan inflasi inti Januari mencapai 0,49 persen," ujar Rusman.
Sementara, ada 62 kota di Indonesia menyumbang inflasi dan 4 kota menyumbang deflasi.
Inflasi tertinggi tercatat di Padang sebesar 3,70 persen dan Sibolga 2,66 persen. Sedangkan inflasi terendah tercatat di Manokwari sebesar 0,07 persen.
"Sementara Sorong kota penyumbang deflasi sebesar -1,07 persen dan Ambon sebesar -0,83 persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar