Kamis, 28 April 2011

Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Gizi Untuk Mencapai Millenium Development Goal's

Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, karena itu pemenuhan atas pangan menjadi hak asasi setiap rakyat Indonesia dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk melaksanakan pembangunan nasional. Karena itu, pembangunan pangan dan gizi perlu diposisikan sebagai central of development bagi keseluruhan pencapaian target Millenium Development Goal’s (MDGs) yang menjadi komitmen bersama.
Permasalahan pangan dan gizi mengalami perkembangan yang sangat cepat dan komplek. Perkembangan lingkungan global seperti adanya global climate change dan meningkatnya harga minyak dunia telah mendorong kompetisi penggunaan hasil pertanian untuk pangan (food), bahan energy (fuel) dan pakan ternak (feed) yang makin tajam. Di samping itu, kecenderungan pengabaian terhadap good agricultural practices dan sumber pangan lokal (biodiversity) dikhawatirkan akan mengancam ketahanan pangan dan gizi nasional. Perkembangan ini memerlukan telaah dan respon kebijakan yang lebih menjamin terhadap pengamanan aksesibilitas pangan masyarakat.
Globalisasi juga mendorong perubahan pola konsumsi pangan masyarakat yang memerlukan perhatian akan dampaknya terhadap kesehatan. Di samping itu, adanya berbagai isu di masyarakat seperti permasalahan kekurangan gizi dalam bentuk gizi kurang dan gizi buruk, masalah kegemukan atau gizi lebih, serta keamanan pangan juga memerlukan telaah yang komprehensif untuk mencari solusinya, termasuk aspek revitalisasi kelembagaan pangan dan gizi.
Selama ini, berbagai isu dan permasalahan di atas menjadi bahan pembahasan dalam forum Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) yang berlangsung secara periodik setiap empat tahun terutama membahas isu perkembangan iptek dan solusi pangan dan gizi. Kegiatan WNPG terakhir adalah WNPG VIII yang dilaksanakan pada tahun 2004 di Jakarta.
Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, maka dipandang sangat perlu untuk melaksanakan forum nasional yang membahas kondisi pangan dan gizi terkini dalam WNPG IX tahun 2008 ini yang akan dilaksanakan oleh LIPI bekerjasama dengan BAPPENAS, DEPTAN, DEPKES, dan Badan POM, DKP dan KNRT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar